Fitur - Fitur Baru Yang Membuat Java 9 Menyenangkan

Pada bulan September, Oracle merilis Java SE 9 dengan lebih dari 150 fitur baru. Versi terbaru dari bahasa pemrograman yang banyak digunakan dilengkapi dengan beberapa fitur baru dan API untuk mempercepat pengembangan aplikasi untuk perangkat besar dan kecil.

Pada saat yang sama, fitur yang disediakan oleh Java 9 membantu pemrogram untuk meningkatkan kinerja, keamanan, dan pemeliharaan aplikasi. Oleh karena itu, menjadi penting bagi pemrogram untuk memahami beberapa fitur utama yang disediakan oleh Java 9.

Fitur - Fitur Baru Yang Membuat Java 9

Apa yang Perlu Diketahui oleh Programer tentang Java 9?

Sistem Modul

Para pengembang sekarang dapat menggunakan Dukungan Lebih Baik untuk HTML5 dan JavaScript untuk membagi JDK menjadi beberapa modul. Setiap file JAR modular berisi deskriptor modul. Para pengembang dapat mendefinisikan interdependensi dari berbagai modul melalui pernyataan yang diperlukan. 

Modularitas membuatnya lebih mudah bagi programmer untuk menjalankan modul JVM dengan lancar pada perangkat kecil yang tidak memiliki memori tambahan. Pada saat yang sama, mereka juga dapat menjalankan hanya API dan modul JVM yang diperlukan oleh aplikasi.

Kompilasi Ahead-of-Time

Java 9 meningkatkan proses kompilasi kode secara signifikan melalui kompilasi sebelumnya (AOT). Programmer dapat memanfaatkan kompilasi AOT mengkompilasi kelas Java ke kode asli bahkan sebelum mesin virtual meluncurkannya. 

Kompilasi AOT meningkatkan kinerja aplikasi besar dan kecil dengan mengatasi kekurangan utama kompilasi just-in-time (JIT). Tidak seperti kompilasi JIT, kompilasi AOT memastikan bahwa tidak ada metode Java yang tetap tidak dikompilasi.

Alat Eval-Print-Loop Nyata

Java 9 dilengkapi dengan alat baris perintah baru-eval-print-loop (REPL) - Shell. Shell dirancang dengan fitur untuk mengevaluasi pernyataan deklaratif dan ekspresi secara interaktif. Seorang programmer dapat menggunakan Shell untuk menilai kualitas kode Java sebelum kompilasi. 

Dia cukup memasukkan sepotong kode dan mengumpulkan umpan balik. Shell bahkan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tab dan menambahkan titik koma terminal secara otomatis. Alat REPL baru membuat Java bersaing dengan bahasa pemrograman yang banyak digunakan seperti Python dan Scala.

Dukungan Lebih Baik untuk HTML5 dan JavaScript

Alat dokumentasi Javadoc yang ditingkatkan yang disediakan oleh Java 9 memiliki kemampuan untuk menghasilkan markup HTML5. Juga, versi terbaru dari bahasa pemrograman mendukung beberapa karakter baru, blok, dan skrip sebagai bagian dari standar pengkodean Unicode 8.0. 

Pada saat yang sama, Java 9 hadir dengan mesin JavaScript yang ditingkatkan dan ringan yang membuatnya lebih mudah bagi programmer untuk menanamkan kode JavaScript di aplikasi Java. 

Para pengembang selanjutnya dapat mengaktifkan analisis kode ECMAScript dalam berbagai IDE dan kerangka kerja langsung dengan parser API untuk pohon sintaks ECMAScript Nashorn yang disediakan oleh JDK.

Peningkatan Streaming API

Saat menulis kode Java, programmer menggunakan string untuk mengekspresikan perhitungan. Java 8 mempercepat pemrosesan stream dengan menyediakan API Streams. 

Java 9 hadir dengan versi API Streaming yang ditingkatkan yang memungkinkan pengembang untuk mengambil dan menjatuhkan item dari Streaming berdasarkan kondisi tertentu dengan menambahkan metode. 

Selain itu, API Streaming yang disempurnakan dirancang dengan fitur untuk membuat streaming untuk nilai nullable dan iterate over Stream elements.

API Gambar Multi-Resolusi

Java 9 memperkenalkan antarmuka baru Multi Resolution Image untuk membuat gambar multi-resolusi tunggal dengan mengenkapsulasi banyak gambar dengan berbagai resolusi. Para pengembang selanjutnya dapat menggunakan API 

Gambar Multi-Resolusi yang disediakan oleh Java 9 untuk mendapatkan berbagai varian dari satu gambar. Selain itu, mereka dapat menggunakan API untuk memilih gambar tertentu berdasarkan resolusi yang diperlukan. 

Oleh karena itu, programmer Java sekarang dapat menggunakan satu API untuk membuat gambar multi-resolusi terpadu dan mendapatkan varian gambar khusus resolusi.

http: // 2 klien API

Java 9 benar-benar mengubah cara aplikasi membuat panggilan HTTP. Ini menggantikan API HttpURLConnection dengan API klien HTTP baru. API klien HTTP mendukung http://2 dan WebSockets. 

Namun, API saat ini bukan merupakan bagian dari Java SE. Ini diimplementasikan sebagai modul inkubator yang hidup di bawah jdk.incubtor namespace. Tetapi API klien HTTP mendukung standar komunikasi terbaru, sembari mengatasi kekurangan API HttpURLConnection.

API Stack-Walking

Saat menulis kode Java, para programmer mengeksplorasi cara-cara untuk mengakses dan menyaring tumpukan tumpukan secara efisien. Versi terbaru Java mempermudah stack walking dengan menyediakan Stack-Walking API. 

API baru mempermudah pemrogram untuk mengakses dan menyaring informasi jejak stack. Lebih lanjut mendukung baik berjalan kaki pendek dan panjang. 

Oleh karena itu, menjadi lebih mudah bagi pemrogram untuk mengakses dan menyaring seluruh tumpukan tanpa bergantung pada mesin virtual untuk menangkap informasi.

API Datagram Transport Layer Security (DTLS)

Java 9 membantu pengembang untuk membangun aplikasi yang aman dengan menyediakan API untuk Datagram Transport Layer Security (DTLS). API menjaga komunikasi klien dan server tetap aman dengan menghilangkan kemungkinan gangguan data, pemalsuan pesan, dan menguping. 

Juga, ia menyediakan privasi komunikasi ke berbagai aplikasi yang menggunakan Datagram Transport Protocol (DTP). Meskipun dikembangkan berdasarkan Transport Layer Security (TLS), DTLS menerapkan protokol SSL.

API Proses yang Ditingkatkan

Seringkali programmer Java merasa sulit untuk mengontrol dan mengelola proses sistem operasi. API Proses disediakan oleh versi sebelumnya dari pengembang untuk mengakses kode asli dan menulis kode tambahan. 

Tetapi API Proses yang ditingkatkan yang disediakan oleh Java 9 membuatnya lebih mudah bagi pemrogram untuk mengontrol dan mengatur proses sistem operasi. Mereka dapat menggunakan API untuk membuat aplikasi Java berinteraksi dengan sistem operasi secara langsung. 

Juga, mereka dapat mengambil keuntungan dari metode baru untuk menangani nama dan status proses tanpa menulis kode tambahan.

Fitur yang Tidak Diperbaiki

Meskipun menyediakan beberapa fitur baru, Java 9 tidak mendukung beberapa fitur yang disediakan oleh Java 8. Misalnya, tidak lagi mendukung Applet API. Pengembang web Java harus beralih dari Applet API ke Java Web Start untuk meluncurkan aplikasi dari browser web. 

Demikian juga, Java 8 mempercepat pengembangan kolektor sampah di mesin virtual HotSpot dengan mencabut penampung sampah Serurrent Mark Sweep (CMS). Saat menggunakan versi terbaru Java, programer juga tidak memiliki opsi untuk menerima peringatan Java pada pernyataan impor dan memilih JRE pada waktu peluncuran.

Secara keseluruhan, Java 9 hadir dengan beberapa fitur baru untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi untuk perangkat besar dan kecil. Namun, beberapa binari dan sumber yang diperkenalkan oleh Java 9 tidak kompatibel dengan versi bahasa pemrograman sebelumnya. 

Para programmer bahkan harus membuat beberapa perubahan pada kode dan meningkatkan pustaka saat memigrasi aplikasi yang sudah ada ke Java 9. Tetapi para pengembang harus mempertimbangkan untuk memperbarui aplikasi yang sudah ada ke Java 9 untuk memanfaatkan fitur dan peningkatan baru ini. 

Pengembang Java juga harus menggunakan alat yang sangat direkomendasikan ini untuk pemrograman yang lebih baik.
Next article Next Post
Previous article Previous Post