Apa Yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Situs Website Sendiri?

Memulai dengan membangun situs web anda sendiri bisa menjadi proses yang sulit. Pada dasarnya anda perlu mendapatkan nama domain, pilih web host, rancang dan uji situs. Dan langkah terakhir adalah membuat orang mengunjungi situs anda.

1. Dapatkan Nama Domain

Nama domain akan menjadi nama situs web anda. Ini seperti mendaftarkan nama bisnis. Anda harus membayar biaya tahunan (sekitar Rp 130.00 hingga Rp 250.000) setelah anda mendaftar. Saat ini banyak sekali penyedia domain. Sebelum membeli, anda harus tahu bahwa suatu nama sangatlah penting untuk perkembangan bisnis anda.

2. Pilih Layanan Web Hosting 

Perusahaan web hosting terdiri dari komputer dan server yang terhubung ke web. Ketika perusahaan menghosting situs web anda, siapa pun di internet akan dapat mengaksesnya. Layanan hosting web mengharuskan anda untuk membuka akun dengan mereka terlebih dahulu. 

Pikirkan layanan hosting sebagai toko atau kantor tempat layanan anda beroperasi. Saat memilih host, nilai berapa banyak ruang disk yang mereka tawarkan. Masalah lain yang perlu dipertimbangkan adalah bandwidth, keandalan, dan dukungan teknis serta akses FTP. 

Untuk situs bisnis, layanan hosting web komersial lebih disukai karena mereka menawarkan lebih banyak dalam hal dukungan dan layanan. Mereka akan membantu anda dalam mengatur nama domain dan mereka juga akan memberitahu anda bagaimana untuk memulai mengelola situs web anda.

3. Desain Web 

Jika anda sedang terburu-buru, cukup menyewa perancang web profesional untuk membuat situs anda. Jika anda akan melakukannya sendiri, dapatkan WYSIWYG (editor web "What You See Is What You Get"). Ada alat authoring web gratis, perangkat lunak komersial dan editor berbasis web yang tersedia. 

Perangkat lunak saat ini telah mempermudah perancangan HTML. Anda terlindungi dari banyak hal teknis, meskipun anda bisa mengkode jika anda mau. Namun belakangan ini, membuat halaman web tidak lebih sulit daripada mendesain halaman dalam pengolah kata atau program desktop publishing.

4. Uji Situs Web 

Pengujian harus dilakukan ketika anda mendesain situs. Pastikan bahwa itu kompatibel dengan Chrome, Opera, Safari, Firefox dan Internet Explorer. Browser ini gratis untuk diunduh. Periksa juga apakah forum situs, formulir, animasi, dan elemen lainnya berfungsi dengan benar.

5. Buat Orang Tahu bahwa Situs Anda Ada 

Ketika situs web anda selesai, kirimkan ke mesin pencari seperti Bing dan Google. Tautan di situs anda akan membantu orang menemukannya. Anda juga dapat mempromosikan situs anda dengan bergabung dengan jejaring sosial dan menambahkan tautan ke situs anda. 

Ada layanan PR profesional yang tersedia yang dapat anda gunakan juga. Seperti yang anda lihat, banyak faktor ikut bermain ketika anda mempelajari cara memulai situs web. Tapi itu tidak serumit kedengarannya. Selama anda memiliki layanan dan alat yang tepat, semuanya pasti berjalan lancar.
Next article Next Post
Previous article Previous Post