Manfaat Menggunakan Drupal Sebagai CMS Untuk Situs Web Anda

Sistem manajemen konten (CMS) akan mempermudah anda untuk membuat, menerbitkan, mengedit, dan mengelola konten situs web menggunakan antarmuka pengguna grafis. Berdasarkan kebutuhan anda, anda memiliki pilihan untuk memilih dari berbagai sistem manajemen konten sumber terbuka - WordPress, Drupal, Joomla, Magento, dan Blogger - sesuai dengan kebutuhan anda.

Statistik penggunaan diposting di berbagai situs web menggambarkan WordPress saat ini memiliki pangsa pasar yang lebih besar daripada sistem manajemen konten lainnya. Tetapi anda tidak harus memilih CMS hanya berdasarkan popularitas atau pangsa pasarnya.

Seperti pengusaha cerdas lainnya, anda selalu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Drupal sebagai CMS modular, dapat disesuaikan, dan fleksibel untuk situs web anda. CMS adalah CMS open source. Oleh karena itu, anda dapat menggunakannya untuk situs web anda tanpa membayar biaya lisensi apa pun.

Manfaat Menggunakan Drupal Sebagai CMS Untuk Situs Web Anda

Selain itu, anda dapat menginstal dan menggunakan Drupal secara mulus tanpa menjadi pengembang aplikasi web yang terampil. Seperti sistem manajemen konten lainnya, Drupal juga menyediakan beragam tema, plug-in dan modul. Anda bahkan memiliki opsi untuk memperpanjang atau menyesuaikan Drupal sesuai dengan kebutuhan tepat anda hanya dengan menginstal plug-in ekstensi yang diperlukan.

6 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Drupal sebagai CMS untuk Situs Web Anda


1) Mudah dipasang dan digunakan

Tidak seperti sistem manajemen konten lainnya, Drupal memiliki proses pemasangan yang sederhana dan ramping. Anda dapat mengunduh dan menggunakan Drupal tanpa menangani konfigurasi yang rumit. CMS selanjutnya memungkinkan anda untuk membuat situs web kustom menggunakan fitur yang disebut distribusi. 

Distribusi menyediakan fitur dan fungsi spesifik yang dibutuhkan oleh situs web. Anda memiliki pilihan untuk memilih dari lebih dari 1150 distribusi sesuai dengan kebutuhan anda. Juga, anda dapat mengunduh dan menginstal distribusi yang diperlukan secara langsung, dan menggunakannya untuk membuat situs web khusus penggunaan dengan cepat.

2) Lebih dari 2400 Tema

Seperti sistem manajemen konten lainnya, Drupal memungkinkan Anda mengubah tampilan dan nuansa situs web menggunakan tema. Anda bahkan memiliki pilihan untuk memilih lebih dari 2400 default dan menyumbangkan tema Drupal sesuai dengan kebutuhan spesifik anda. Pada saat yang sama, Drupal memungkinkan untuk membuat sub-tema dari tema yang ada. 

Sub-tema mewarisi semua sumber daya desain dari tema induk, sembari memungkinkan anda menambahkan sumber daya tambahan. Anda dapat mengatur sub-tema dalam beberapa cara, dan mengatur perubahan spesifik situs ke sub-tema tertentu.

3) Lebih dari 38000 Modul

Drupal dirancang sebagai CMS modular. Anda dapat dengan mudah memperluas fungsi inti Drupal menggunakan modul kontribusi spesifik. Anda bahkan memiliki pilihan untuk memilih lebih dari 38.000 modul sesuai dengan kebutuhan yang tepat dari situs web anda. 

Misalnya, anda dapat menggunakan modul yang disebut Better Login untuk mengubah gaya login dan formulir pendaftaran. Demikian juga, Custom Search Module memungkinkan anda mengubah label dan teks default di kotak pencarian dan memfasilitasi pencarian lanjutan. Oleh karena itu, anda dapat mengubah gaya dan menyesuaikan situs web hanya dengan menggunakan modul Drupal yang tepat.

4) Pendekatan Pertama Seluler

Sebagian besar pengguna kini mengakses situs web di ponsel cerdas, tablet, atau phablet mereka. Drupal 8 memudahkan anda untuk membuat situs web responsif dan mobile-friendly dengan mengadopsi pendekatan seluler pertama. Itu membuat situs web terlihat bagus di komputer dan perangkat seluler dengan menyediakan tema responsif yang terintegrasi. 

Juga, dilengkapi dengan tema admin dan toolbar admin yang dioptimalkan untuk perangkat mobile. Pada saat yang sama, Drupal meningkatkan kesesuaian situs web seluler dengan menjadikan HTML5 bahasa markup web standar.

5) Fitur Built-in Multilingual dan Translation

Drupal 8 mempercepat pengembangan situs web multibahasa dengan menyediakan modul khusus. Anda dapat menggunakan modul kontribusi spesifik untuk memilih, mengkonfigurasi, dan menerapkan beberapa bahasa.

Modul-modul ini memungkinkan anda untuk memilih dari berbagai bahasa, menetapkan bahasa untuk setiap komponen situs web, mengkonfigurasi mode deteksi bahasa browser, dan mengatur bahasa antarmuka admin untuk setiap pengguna.

Pada saat yang sama, anda dapat menggunakan modul khusus untuk memfasilitasi terjemahan konten situs web. Drupal 8 memungkinkan anda mempercepat penerjemahan konten situs web menggunakan alat canggih seperti Terjemahan Entitas. Namun, anda masih memiliki opsi untuk membuat situs web tanpa mengaktifkan fungsionalitas multibahasa atau terjemahan.

6) Keamanan Kelas Perusahaan

Skor Drupal di atas sistem manajemen konten lainnya dalam kategori keamanan. Tidak seperti CMS lainnya, Drupal tidak mengimplementasikan keamanan situs web melalui plug-in. Ini mengharuskan Anda untuk meningkatkan keamanan situs web melalui konfigurasi yang tepat. 

Oleh karena itu, anda dapat dengan mudah menjaga keamanan situs web anda dengan berfokus pada konfigurasi keamanan. Pada saat yang sama, anda dapat mengidentifikasi kerentanan yang muncul hanya dengan mengunjungi situs web Drupal. 

Kerentanan yang diposting oleh pengembang lain di situs web akan membantu anda melindungi situs web dari ancaman keamanan yang muncul.

Seperti teknologi open source lainnya, Drupal juga didukung oleh komunitas programmer Drupal yang besar dan aktif. Juga, telah berkembang secara konsisten untuk menyederhanakan dan mempercepat manajemen konten situs web. 

Misalnya, Drupal 7 memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menggunakan CMS tanpa mahir dalam berbagai teknologi web. Demikian juga, Drupal 8 hadir mempercepat manajemen konten situs web dengan menyediakan editor teks, gambar responsif, modul terjemahan baru, dan alat-alat baru.
Next article Next Post
Previous article Previous Post