Perbandingan Antara Java IDE: Netbeans dan Eclipse

Tidak seperti bahasa pemrograman tujuan umum lainnya, Java digunakan secara luas oleh pengembang untuk membangun aplikasi desktop, web, dan seluler. Tetapi pengembang sering mencari lingkungan pengembangan terintegrasi cerdas (IDE), kerangka kerja, dan alat untuk menulis aplikasi di Jawa secara efisien dan cepat.

Para pengembang selanjutnya dapat menulis kode dengan cepat dan efisien dengan menggunakan array Java IDE. Baik NetBeans dan Eclipse adalah IDE Java yang sangat populer.

Meskipun open source, NetBeans adalah IDE resmi untuk platform Java. Fitur dan alat yang disediakan oleh NetBeans memungkinkan pengembang untuk membangun berbagai aplikasi desktop, web, dan mobile dengan Java 8.

Perbandingan Antara Java IDE: Netbeans dan Eclipse

IDE lebih jauh mendukung berbagai teknologi - HTML, CSS, JavaScript, PHP dan C / C ++ - selain Java . Editor, analisa dan konverter yang disediakan oleh NetBeans lebih memudahkan programmer untuk meningkatkan aplikasi legacy mereka ke versi terbaru Java.

Eclipse ditulis di Java, dan dirancang dengan fitur-fitur untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi Java. Para pengembang dapat lebih memperluas IDE dengan mudah dengan menggunakan berbagai plug-in.

Mereka selanjutnya dapat menggunakan plug-in khusus untuk mengembangkan aplikasi dengan mengintegrasikan Java dengan bahasa pemrograman populer lainnya termasuk Ruby, Perl, PHP, Scala dan Groovy. Juga, Eclipse adalah IDE open source, dan didukung oleh komunitas yang aktif.

Oleh karena itu, menjadi penting bagi pengembang untuk membandingkan NetBeans dan Eclipse berdasarkan fitur dan fungsi utama mereka.

Memahami Perbedaan Penting antara NetBeans dan Eclipse


Dukungan Java 8: 

Versi 8 Java dilengkapi dengan beberapa fitur baru dan penyempurnaan termasuk lambda expressions, new date / time API, dan Nashhorn JavaScript Engine yang terintegrasi. Oleh karena itu, banyak pengembang lebih suka menulis aplikasi di Java 8 untuk memanfaatkan fitur-fitur baru di Java 8. 

NetBeans adalah Java IDE resmi, dan mendukung Java SE 8 sepenuhnya. Di sisi lain, Eclipse mengimplementasikan peningkatan bahasa Java 8 baru melalui Eclipse Compiler untuk Java (ECJ). Para pengembang harus mengikuti serangkaian langkah untuk memanfaatkan fitur bahasa baru yang disediakan oleh Java 8.

Java 8 Migration: 

Oracle merekomendasikan pengembang Java untuk menggunakan NetBeans. Oleh karena itu, NetBeans mendukung versi terbaru Java segera setelah dirilis. Juga, ia menyediakan berbagai alat untuk memudahkan pengembang untuk memigrasi aplikasi warisan mereka ke versi terbaru Java.

Para pengembang dapat memanfaatkan editor kode, analisa, dan konverter yang disediakan oleh NetBeans untuk memindahkan aplikasi mereka ke Java 8 dengan cepat dan lancar. Tetapi Eclipse tidak menyediakan alat yang kuat untuk menyederhanakan migrasi Java 8.

Jumlah Plug-in: 

Skor Eclipse atas NetBeans dalam kategori plug-in. Banyak pengembang memilih Eclipse untuk menambah fungsionalitas aplikasi dengan mudah dengan availing plug-in yang disediakan olehnya.

Namun, pengembang sering harus menggunakan beberapa plug-in pihak ketiga untuk Eclipse. Kualitas dan kinerja plug-in pihak ketiga ini berbeda. Di sisi lain, NetBeans memungkinkan pengguna memanfaatkan serangkaian plug-in yang stabil dan berkualitas.

Antarmuka Pengguna: 

Antarmuka pengguna NetBeans dirancang berdasarkan, sedangkan antarmuka pengguna Eclipse dirancang berdasarkan SWT. Swift adalah toolkit asli asli Java, sedangkan SWT adalah Java untuk toolkit yang mendasari sistem. Banyak pengembang menemukan antarmuka pengguna NetBeans lebih sederhana dan ramah daripada antarmuka pengguna Eclipse.

Antarmuka pengguna yang sederhana dari NetBeans lebih memudahkan pemula untuk belajar dan menggunakan IDE tanpa memberikan waktu dan usaha ekstra. Tetapi programmer Java harus menempatkan waktu ekstra dan upaya untuk bekerja dengan Eclipse secara efisien.

Konfigurasi: 

NetBeans dilengkapi dengan beberapa fungsionalitas out-of-box built-in. Fungsi out-of-box memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi IDE dengan cepat, dan menyelesaikan tugas-tugas pemrograman tanpa penundaan. Tetapi Eclipse tidak dirancang dengan banyak fungsionalitas out-of-box.

Para pengguna harus menginstal dan mengkonfigurasi plug-in Eclipse untuk menyelesaikan tugas-tugas umum dan membangun aplikasi secara efisien. Plug-in ini menyulitkan pemula untuk mengkonfigurasi dan menggunakan IDE dalam waktu singkat.

Bekerja dengan Bahasa Pemrograman Lain: 

Kedua Java IDE memungkinkan pengembang untuk bekerja dengan teknologi dan bahasa pemrograman populer lainnya. NetBeans mendukung HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan C / C ++ bersama dengan Java. Demikian juga, Eclipse juga memungkinkan pemrogram untuk mengintegrasikan Java dengan sejumlah bahasa pemrograman populer termasuk Python, Perl, PHP, Groovy dan Scala.

Tapi NetBeans dirancang sebagai IDE berbasis alat, dan memungkinkan programmer untuk bekerja dengan teknologi lain melalui proyek-proyek tertentu. Eclipse membutuhkan pemrogram untuk menginstal dan mengkonfigurasi plug-in khusus untuk bekerja dengan teknologi individual.

Oleh karena itu, pengembang Java merasa lebih mudah untuk bekerja dengan bahasa pemrograman lain saat menggunakan NetBeans.

Dukungan untuk Maven: 

Baik NetBeans dan Eclipse mendukung Maven - alat manajemen proyek yang banyak digunakan. Kerangka kerja siklus hidup lengkap yang disediakan oleh Maven memudahkan programmer untuk mengotomatisasi seluruh infrastruktur build.

Tetapi banyak programmer merasa lebih mudah untuk bekerja dengan Maven saat menggunakan NetBeans. Mereka dapat menjalankan tujuan Maven langsung di dalam NetBeans. Demikian juga, mereka dapat menggunakan konsol untuk melihat output perintah Maven langsung di NetBeans.

NetBeans lebih memudahkan pengguna untuk memperbarui dependensi Maven, meluncurkan Maven membangun, dan membuat proyek Maven baru.

Pengembangan Aplikasi Android: 

Bahasa pemrograman Java digunakan secara luas untuk mengembangkan aplikasi seluler untuk Android - platform seluler dengan pangsa pasar terbesar di seluruh dunia. Statistik yang diposting di berbagai situs web menggambarkan bahwa sebagian besar pengembang aplikasi Android lebih memilih Eclipse to NetBeans.

Selain sederhana dan cepat, Eclipse juga menyediakan toolkit UI standar - Swing - yang dapat diintegrasikan dengan mulus ke dalam aplikasi Android. Selain itu, berbagai macam plug-in yang disediakan oleh Eclipse SDK mempermudah pengembang untuk membuat aplikasi Android yang tangguh tanpa perlu waktu dan tenaga ekstra.

Namun, NetBeans juga menyediakan beberapa fitur dan alat untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi Android.

Pemformatan Kode Sumber: 

Kedua Java IDE memiliki kemampuan untuk secara otomatis memformat kode sumber aplikasi yang ditulis di Java. Tetapi banyak programmer menemukan formatter kode Java yang disediakan oleh Eclipse agar lebih efisien daripada opsi format kode yang disediakan oleh NetBeans.

Saat menggunakan Eclipse, programer dapat memanggil pemformat kode Java secara langsung dengan menggunakan pintasan C-S-F. Oleh karena itu, mereka dapat memformat kode Java dengan cara yang fleksibel dan efisien.

Secara keseluruhan, baik NetBeans dan Eclipse adalah open source dan cross platform Java IDE. Tetapi Eclipse didukung oleh IBM, sedangkan NetBeans didukung oleh Oracle. Setiap IDE menyediakan beberapa fitur dan alat inovatif untuk menyederhanakan dan mempercepat pengembangan aplikasi Java.

Tetapi para pengembang harus mengevaluasi pro dan kontra dari masing-masing IDE Java sesuai dengan kebutuhan spesifik masing-masing proyek.


Next article Next Post
Previous article Previous Post